Branded Medicine

 
SPASMOMEN®

Tablet salut selaput

 
:: COMPOSITION ::

Tiap tablet salut selaput mengandung:

Otilonium bromide 40 mg

 

 
:: PHARMACOLOGY ::

Farmakodinamika

Otilonium bromide, zat aktif dari SPASMOMEN® merupakan prototip dari kelas 2-aminoethyl-N-benzoylamino-benzoate quaternary salts. Kombinasi sifat antimuskarinik dan penghambat calcium-channel tampaknya merupakan mekanisme kerja otilonium bromide yang utama. SPASMOMEN® menghambat motilitas gastrointestinal basal atau yang telah terkena rangsangan sebagai respon terhadap agen-agen penyebab kontraksi yang bekerja baik secara kimiawi atau fisik pada berbagai spesies hewan maupun pada manusia. Aktivitas spasmolitik SPASMOMEN® pada saluran cerna terjadi pada dosis yang tidak mempengaruhi sekresi asam lambung atau efek samping seperti pengaruh atropin.

Aksi spasmolitik SPASMOMEN®, tanpa memperhatikan sifat asal agonisnya, adalah bekerja terutama pada intestinal, dibandingkan dengan otot polos vaskular atau saluran pernafasan. Dari hasil pengamatan, baik secara in vivo maupun in vitro, ternyata kolon lebih sensitif dibandingkan segmen gastrointestinal lainnya terhadap aksi relaksasi SPASMOMEN®.

Farmakokinetika

Setelah pemberian oral pada dosis 10 mg/kg BB, kadar plasma sangat rendah dan pada sebagian besar terdeteksi selama 2 sampai 6 jam setelah pemberian. Rata-rata konsentrasi plasma maksimal adalah 10,8 ng Eq/ml didapat setelah 2 jam. Hanya sebesar 0,71% diekskresi melalui urin setelah 96 jam, sebagian besar diekskresi melalui feses (97,1% dalam 7 hari). SPASMOMEN® diekskresi melalui feses dalam bentuk utuh. Total ekskresi adalah 97,8% dari dosis yang diberikan. Hal tersebut menandakan bahwa SPASMOMEN® setelah pemberian oral, diabsorpsi dalam jumlah sedikit sekali.

 
:: INDICATIONS ::

Pengobatan irritable colon syndrome dan pengobatan simtomatik pada nyeri dan gangguan gastrointestinal yang berhubungan dengan spasmus otot polos.

 
:: CONTRAINDICATIONS ::

Hipersensitivitas terhadap otilonium bromide dan zat pembawa lainnya.

 
:: DOSAGE ::

1 tablet, 2-3 kali sehari, sesuai petunjuk dokter.

 
:: PERINGATAN dan PERHATIAN ::
  • Hati-hati pemberian pada pasien glaukoma, hiperplasia prostat jinak, stenosis pilorik.

  • Walaupun pada hewan dilaporkan tidak menimbulkan efek embriotoksik, teratogenik atau mutagenik, pada masa hamil dan menyusui pemberian hanya jika diperlukan dan di bawah pengawasan dokter

 
:: EFEK SAMPING ::

Pada dosis terapeutik, tidak ada efek samping serius yang dilaporkan, dan efek samping yang terjadi antara lain mual, kelelahan, nyeri epigastrium, vertigo, SPASMOMEN® tidak menyebabkan efek samping yang disebut efek seperti atropin.

 
:: PRESENTATION and REGISTRATION NUMBER ::

Kotak, 3 blister @ 10 tablet salut selaput, DKL0405037017A1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER.

SIMPAN PADA SUHU DI BAWAH 30oC, TERLINDUNG DARI CAHAYA.