Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Bapak Nurdin Basirun, usai melakukan opening ceremony Rapat Kerja Nasional HISFARSI (Himpunan Seminar Farmasi Rumah Sakit Indonesia)  2018, berkenan mengunjungi booth OGBdexa dan Teman Diabetes.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kepri berkesempatan melakukan pengecekan kadar gula darah. Sebelum dilakukan pengecekan, diberikan informasi seputar aplikasi 'Teman Diabetes'. “Wah canggih ya, sangat modern, memanfatkan HP untuk mengetahui kadar gula darah. Gimana ini? Sakit tidak?" ujarnya usai pemeriksaan.

Setelah melakukan pengecekan hasilnya pemeriksaan gula darah Bapak Nurdin Basirun memuaskan, masih dalam koridor aman. “Wah, lega saya,” ungkapnya sambil tertawa.

Himpunan Seminar Farmasi Rumah Sakit Indonesia (HISFARSI) menggelar Rakernas 2018 selama 3 hari di Hotel Harmoni One Batam Centre, yang dimulai pada Rabu, 12 September 2018 dan akan berakhir pada Jumat, 14 September 2018.

Menurut Sekjen HISFARSI, Ibu Riska Andalusia, agenda ilmiah ini rutin diadakan setiap tahunnya. Tahun 2018 merupakan pemecahan rekor peserta rakernas terbanyak. "Tahun ini rekor peserta terbanyak, yaitu 1.851 peserta apoteker dari Rumah Sakit swasta dan pemerintah di seluruh Indonesia," ujarnya.

Salah satu tujuan diselenggarakan Rakernas ini ialah untuk mempersiapkan apoteker dalam menghadapi digitalisasi. "Bagaimana apoteker menghadapi era digitalisasi mempercepat pelayanan farmasi bukan justru menambah masalah seperti penjualan obat ilegal," ujar Ibu Riska Andalusia yang sekaligus merupakan Ketua Panitia Rakernas HISFARSI 2018 ini.

Kegiatan ini dibuka pada pukul 09.00 WIB ini dibuka oleh Ketua Pengurus Pusat HISFARSI, Bapak Amrizal. Dalam sambutannya beliau mengatakan, kegiatan ini penting bagi peningkatan kompetensi para apoteker yang bekerja di rumah sakit.

Kegiatan ini akan diisi dengan simposium dan workshop dengan menghadirkan narasumber yang profesional di bidangnya. Tema yang diangkat dalam rangkaian kegiatan itu, yakni '"Improving Patient Outcome Through Quality Pharmaceutical Care and Interprofessional Collaboration". "Tujuan akhirnya, kita harapkan kompetensi teman-teman apoteker bisa meningkat," katanya.

Acara ini juga dimanfaatkan oleh banyak pelaku industri farmasi dan juga distributor alat kesehatan dengan membuka booth guna memperkenalkan produk-produk terbarunya, termasuk OGBdexa dan 'Teman Diabetes'. Bagi peserta yang berkunjung ke booth 'Teman Diabetes' akan mendapatkan layanan gratis pengecekan gula darah dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi di playstore.

Beberapa peserta menyatakan kekagumannya akan kemajuan aplikasi ini. "Wah saya tidak perlu mencatat lagi hasil rekaman gulanya. Saya pesan satu ya, mas," demikian ujar Ibu Nurmayanti dari Langkat Sumatera Utara yang sudah 4 tahun divonis positif diabetes.

Banyak peserta yang antusias dengan aplikasi ini, bahkan rata-rata menanyakan dengan detail  alat dan aplikasinya. Bahkan ada yang berminat menjadi reseller di kota-kota mereka. Corporate Communications Dexa Medica
 

Image: Category: Community Involvement